Translate

Tuesday, December 4, 2012

PENGOBATAN JERAWAT

Ketika kita tumbuh dewasa, dengan sistem reproduksi yang matang dan sistem yang meningkatkan hormon seks, sehingga hal ini membuka suatu peluang tumbuhnya jerawat di badan dan di muka kita.  Hal ini disebabkan pada masa dewasa jumlah hormon seks ini akan meningkat  yang bertanggung jawab sebagai pematangan organ sistem reproduksi seseorang baik pria maupun wanita, hormone laki-laki adalah hormon androgen dan hormon estrogen pada wanita, jika jumlahnya tinggi maka akan memicu kelenjar minyak untuk memproduksi sebum atau zat berminyak dalam pori-pori, karena pada pori-pori terdapat kelenjar  sebaceous atau kelenjar minyak.

Ketika sebum diproduksi berlebih maka akan menyumbat pori-pori di kulit kita yang dapat membuat komedo di wajah, dan hal ini akan berpotensi berkembangnya bakteri yang disebut P acne (jerawat) yang dapat menyebabkan pecahnya dinding pori-pori dan menyebabkan kemerahan dan bengkak kulit, yang biasa kita sebut sebagai jerawat.

Jika ada jerawat di wajah kita, tentu kita akan merasa tidak nyaman seperti rasa nyeri, panas dan gatal-gatal akan kita rasakan pada kulit kita. ya, tentu saja kita tidak ingin jerawat tersebut tumbuh lagi di kulit kita bukan ?.

Tips Untuk Mencegah Jerawat

Jerawat yang terdapat pada wajah akan merusak penampilan sehingga menyebabkan kurang baik, terutama ketika jerawat hilang akan meninggalkan tanda  yang sulit untuk dihilangkan. Berikut adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah jerawat tumbuh kembali pada kulit kita,

  1. Langkah pertama lakukanlah membersihkan wajah secara teratur, hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat tumbuh di wajah kita. selain kita dapat menggunakan pembersih wajah, Anda juga bisa menggunakan susu pembersih untuk mengunci pori-pori kulit kita.
  2. Langkah dua: menjauhkan rambut dari daerah wajah, ketika kita melakukan aktivitas, bagian tubuh kita yang jarang ditutupi adalah rambut, sehingga rambut berpotensi mudah kotor dan berminyak, jika rambut melekat pada area wajah, maka akan meningkatkan risiko bahwa kotoran dapat pindah ke wajah dan dapat menyebabkan jerawat.
  3. pastikan semua benda yang selalu digunakan dengan wajah kita dalam keadaan selalu bersih, seperti ketika kita akan menggunakan seprai dan bantal sehingga kotoran tersebut berpeluang berpindah ke wajah kita
  4. Langkah keempat, perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari, bertujuan untuk membantu mengeluarkan racun dan zat-zat yang dapat menyebabkan jerawat.
  5. Langkah kelima, menggunakan masker untuk mencegah jerawat, seperti madu dan jus lemon dapat menghilangkan bakteri dan minyak di wajah.
  6. Langkah keenam, mengurangi penggunaan kosmetik, make up benar-benar dapat menyumbat pori-pori di wajah Anda, Anda lebih baik lebih memilih kosmetik yang berbahan dasar air
  7. Langkah ketujuh, jangan memencet jerawat Anda, tangan yang kotor akan meningkatkan jerawat dan  akan merusak lapisan bawah kulit wajah dan menyebabkan minyak wajah akan menyebar ke bagian lain dari kulit sehingga meningkatkan risiko jerawat tumbuh pada daerah kulit .
  8. Langkah terakhir, Anda harus harus tahu bahwa, dengan latihan Anda akan menemukan tubuh seksi seperti dengan perut six pack abs yang seperti dipahat dalam tubuh Anda, itu adalah hal yang baik di samping Anda mendapatkan wajah sempurna tanpa jerawat

No comments: