Translate

Saturday, December 8, 2012

JANTUNG KORONER

Manusia memiliki beberapa organ dalam tubuhnya dan organ-organ tersebut yang sangat penting dan sangat mempengaruhi kehidupan manusia, salah satunya adalah jantung. Jantung adalah organ vital dalam tubuh manusia karena berfungsi sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh manusia, tanpa jantung maka darah tidak bisa bergerak ke seluruh tubuh, sehingga tubuh tidak akan menerima pasokan nutrisi dan oksigen dari darah jika tidak mengalir atau bergerak. Adapun darah tersebut, kita dapat menggambarkannya sebagai alat transportasi dalam tubuh yang membawa nutrisi seperti lemak, karbohidrat, protein dan oksigen, juga berfungsi sebagai sarana transportasi kembali zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh untuk dikeluarkan dalam sistem ekskresi, gerakan darah terjadi melalui pembuluh darah termasuk arteri dan vena, yang kita dapat menggambarkan sebagai jalan yang akan dilewati oleh darah.

Tapi ketika darah yang membawa zat-zat berbahaya seperti lemak jenuh , maka akan menghasilkan lemak tersebut dapat menempel pada pembuluh arteri dan menyebabkan penyempitan dan bahkan penyumbatan arteri. Jenis arteri yang memasok makanan untuk sel-sel jantung melalui darah adalah kita dapat menyebutnya arteri koroner. Demikian pula, jika ada penyumbatan arteri koroner oleh lemak kemudian disebut proses aterosklerosis, yang Mana dapat menyebabkan penyakit jantung koroner.

Proses aterosklerosis ini akan menghasilkan berkurangnya pasokan darah ke jantung yang mengakibatkan nyeri dada yang disebut angina yang terjadi ketika aktif dan saat stres, sedangkan jika darah tidak mengalir sama sekali ke jantung, akan ada kematian yang biasa kita sebut sebagai serangan jantung.



Apa itu Angina

Jika seseorang yang tampak sehat, kemudian mengeluh sakit di dada dan kemudian meninggal, maka itu adalah gejala dan hasil angina. Sebenarnya angina adalah penyakit jantung yang dikenal sebagai angina pektoris, yang berarti dada ditekan, karena mengakibatkan gejala ketidaknyamanan, rasa berat, tekanan panas, dan rasa seperti meremas di dada disebabkan oleh suplai darah yang membawa oksigen ke jantung berkurang, menyebabkan daya pompa jantung juga melemah sehingga darah tidak beredar sepenuhnya seluruh tubuh, itu disebut gagal jantung.

Faktor yang Menyebabkan Penyakit Jantung Koroner

  1. Kolesterol darah tinggi, yang dapat menyumbat pembuluh darah ke jantung.
  2. Hipertensi, tekanan darah tinggi pada jantung akan menyebabkan jantung bekerja lebih tinggi menyebabkan dinding jantung menebal dan kaku yang meningkatkan risiko jantung koroner
  3. Gumpalan darah terjadi di pembuluh darah, yang dikenal sebagai trombosis.
  4. Obesitas, adalah penggemukan tubuh dengan kandungan lemak tinggi.
  5. Diabetes, dengan tingkat gula banyak dalam darah meningkatkan viskositas darah yang dapat menyebabkan darah tidak mengalir sempurna.
  6. Faktor-faktor lainnya adalah: usia dan Genetik

Hal yang  Bisa mencegah Penyakit Jantung Koroner

pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah:
  1. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang memiliki antioksidan tinggi, seperti buah-buahan yang mengandung vitamin A, C, E
  2. Rajin olahraga
  3. Kurangi konsumsi daging berlemak
  4. Menghindari stres
  5. Jangan merokok dan minum alkohol
  6. Perbanyak makan makanan yang berguna bagi kesehatan jantung, termasuk: almond, asparagus, kacang-kacangan, beri biru, brokoli, kale, coklat, daging tanpa lemak, salmon, ubi jalar, kenari dan biji-bijian.
  7. Lakukan kegiatan yang dapat menggerakkan otot-otot Anda sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan sangat banyak, seperti Anda akan selalu sehat dan bahkan Anda akan mendapatkan six pack abs pada perut Anda

1 comment:

obat herbal penangkal berbagai macam penyakit said...

Untuk pencegahan penyakit jantung koroner, sering-sering aja konsumsi Takokak (Terong Pipit) takokak bagus bangt tuh, untuk kesehatan jantung.

Obat Asma