Translate

Saturday, December 1, 2012

SELULIT


Bagi anda yang memiliki struktur kulit yang terdapat garis putih, maka Anda jangan khawatir ternyata itu adalah selulit, Anda jangan khawatir karena Anda tidak sendirian mengalami selulit, selulit sebenarnya dapat terjadi pada wanita, pria, remaja, usia lanjut dan ibu selama kehamilan dan setelah melahirkan. Dalam artikel ini kita akan membahas lebih lanjut dan mengupas tuntas
masalah selulit pada kulit Anda. Oleh karena itu mari kita simak dulu topik berikut:

Penyebab Selulit

Selulit atau jaringan parut adalah munculnya garis-garis merah muda pada kulit. Seiring waktu, garis merah akan berubah menjadi garis-garis putih. Selulit muncul karena terjadi peregangan elastisitas kulit, Akibatnya seperti pecah dan garis-garis kulit. Selulit disebabkan karena peregangan pada kulit, selulit atau kerutan biasanya disertai rasa gatal. Jika digaruk secara berlebihan, dapat menyebabkan luka pada kulit. Namun, penampilan selulit tergantung pada elastisitas kulit setiap orang. Jika seseorang memiliki kulit yang elastis, mungkin selama kehamilan dan setelah itu tidak akan muncul, selulit biasanya muncul pada ibu hamil dan orang yang kelebihan berat badan, kondisi ini akan dialami dengan peregangan struktur kulit akibat perkembangan janin dalam tubuh wanita hamil dan pengembangan jaringan lemak pada manusia yang obesitas.

Mencegah Selulit

Untuk mencegah atau meminimalkan timbulnya selulit, Anda bisa mencoba tips berikut:
  1. Meningkatkan tingkat elastisitas pada kulit tubuh, Caranya penuhilah asupan vitamin dan mineral yang dapat membuat kulit Anda elastis. Atau, dengan cara alami, Anda dapat meningkatkan konsumsi sayuran, buah-buahan dan air minum.
  2. Jaga kulit agar tetap lembab, Gosokkan lotion pada kulit, atau krim pelembab untuk kulit.
    Mandi minimal 2 kali sehari dan setelah mandi, jangan lupa mengoleskan pelembab ke kulit secara teratur ke seluruh tubuh untuk menjaga keseimbangan pH kulit dan membantu melindungi elastisitas dan kekencangan kulit
  3. Berolahraga secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen. Pilihlah olahraga ringan seperti jalan kaki atau berenang, dan lakukanlah 2 kali seminggu, keuntungan lain ketika Anda berenang secara teratur juga Anda akan mendapatkan perut six pack abs juga.
  4. Scrub dan pijatan ringan juga dapat meminimalkan selulit.

Fakta Tentang Selulit

Banyak pendapat yang berkaitan dengan selulit, jika Anda adalah seseorang yang ingin tahu lebih banyak tentang selulit, mari kita perhatikan fakta-fakta tentang selulit di bawah ini:
  • Selulit Bukan sebuah Penyakit.  Banyak orang berpikir bahwa selulit adalah penyakit yang harus disembuhkan. Bahkan, selulit tidak lain adalah lemak yang terperangkap di bawah kulit. Beberapa lemak gagal dihilangkan oleh tubuh maka  akan menggumpal dan menimbulkan kesan yang tidak rata atau bergelombang pada permukaan kulit.
  • Kebanyakan terjadi pada wanita. Distribusi lemak tubuh pada wanita berbeda dari pria. Keunikan inilah yang menyebabkan tubuh wanita berbentuk lebih dari laki-laki. Pada pria, selulit biasanya terjadi di perut dan leher. Hanya, pria memiliki kulit lebih tebal daripada perempuan, sehingga cukup untuk menutupi  jaringan lemak di bawah kulit.
  • Daerah selulit. tersebar  ke seluruh jaringan lemak tubuh. Selulit menempati daerah tertentu yang cukup spesifik, seperti bagian dalam lengan atas dan belakang, atas dan belakang paha, punggung atas (di bawah bahu), punggung bawah, dan bokong.
  • Selulit & Hormon. Selulit juga terkait dengan masalah hormonal. Pada wanita, selulit mulai muncul selama masa pubertas dan sering meningkat jumlahnya selama kehamilan. Peningkatan kadar estrogen sebelum menstruasi juga dapat mempengaruhi tampilan selulit.
  • langsing Bukan Jaminan Bebas Selulit, Tidak semua orang yang memiliki selulit kelebihan berat badan, sementara mereka yang kelebihan berat badan hampir selalu memiliki selulit.

Penyebab Selulit

Ada beberapa penyebab umum timbulnya selulit yang sering ditemui dan dialami, yaitu:
  • Faktor hormonal seperti estrogen yang merupakan salah satu penyebab selulit, Terbentuk ketika perubahan hormonal pada wanita selama masa pubertas, kehamilan, dan menopause
  • Faktor fisik, terjadi ketika perubahan lapisan lemak di bawah kulit. Latihan dan diet yang sehat tidak selalu berhasil menghilangkan selulit, gaya hidup tidak sehat dan kekurangan nutrisi dapat memperburuk kondisi selulit.
  • Frekuensi duduk, Frekuensi duduk juga dapat membawa selulit bertambah bila dalam posisi yang kurang benar ketika tubuh duduk sedikit bungkuk, tidak bergerak sampai sendi - sendi dari tulang tubuh menjadi kaku. contohnya duduk terlalu lama di depan komputer.
  • Jarang berjalan kaki. Berjalan lebih sehat karena membuka pembuluh dari jaringan tubuh untuk kelancaran sirkulasi darah, dan jantung memompa lebih baik sehingga aliran oksigen lancar ke seluruh jaringan tubuh, yang salah adalah ketika duduk setelah berjalan harus memperhatikan lekuk tubuh takutnya terjadi penyumbatan aliran pembuluh darah ketika menekuk dalam posisi duduk.

Makanan Dan Minuman Yang Menyebabkan Selulit

Berikut akan dijelaskan beberapa jenis makanan penyebab selulit, termasuk:
  1. Manisan, Makanan yang sangat kaya dengan campuran bahan utama gula dapat memberikan dampak negatif selulit pada bagian tubuh Anda. Makanan penuh gula (gula) metabolisme dapat menyebabkan sistem dalam tubuh menjadi terhambat sehingga memungkinkan kerusakan permanen pada tingkat sel yang ditemukan dalam jaringan tubuh.
  2. Makanan Asin, Makanan asin juga memiliki peran penting sehingga selulit itu terjadi. Makanan asin selain menyebabkan tekanan darah meningkat (cenderung memiliki dampak negatif pada emosi). Jika cairan dalam tubuh yang lebih besar dari air yang penuh dengan makanan asin, tubuh akan mempertahankan cairan, dan cairan yang tertahan tersebut dapat memperburuk tampilan selulit.
  3. Lemak Jenuh, Lemak jenuh adalah faktor utama yang memiliki peran utama dalam menciptakan selulit seperti pada daging merah, coklat manis, sosis, mentega, krim, keju, dll. Jadi lemak yang berasal dari makanan yang akan disimpan di bawah kulit sehingga akan meningkatkan resiko selulit.
  4. Fastfood, Junk food adalah kombinasi dari semua makanan yang dikonsumsi sehari - hari. Junk food adalah sumber penguat yang nyata selulit. Secara bertahap sistem pencernaan tubuh tidak dapat secara langsung memecah lemak dan lemak makanan tersebut akan menumpuk di lapisan bawah kulit.
  5. Alkohol, Alkohol memiliki senyawa berbahaya bagi tubuh karena memiliki kalori tinggi dan racun yang cukup tinggi. Ia bahkan bisa merusak sel-sel pada  jaringan - sel otak, sel - sel kulit, menguras vitamin C, sehingga alcohol mempunyai peranan besar dalam selulit.

No comments: