Translate

Tuesday, December 4, 2012

SAKIT GINJAL

Setiap hari kita pasti akan melakukan suatu kegiatan yang tidak akan dipisahkan dari kehidupan kita, apalagi kegiatan kencing yang merupakan suatu sistem ekskresi yang harus dilakukan karena ada beberapa fungsi yang diperlukan oleh tubuh dari membuang urin. Sistem ini dilakukan oleh sebuah organ dalam tubuh yang disebut dengan organ ginjal, ginjal dalam tubuh manusia terdapat satu pasangan dan menempel di kanan dan kiri tulang belakang di bagian belakang dekat pinggul, Yangmana sepasang ginjal ini berfungsi sebagai penyaring kotoran dari darah dan menyingkirkan kelebihan cairan dalam tubuh, kemudian membentuk urin.

Fungsi Dari Ginjal

adapun fungsi ginjal dalam tubuh adalah:
  • Mensekresikan suatu zat yang membahayakan tubuh dalam jumlah yang berlebih bagi tubuh contoh zat urea, asam urat, amonia, garam organik, bakteri dan obat-obatan yang kita konsumsi.
  • mengeluarkan kadar gula darah berlebih dan membantu homeostasis sebagai keseimbangan cairan dalam tubuh.
  • Mengatur konsentrasi garam dalam darah dan menjaga pH darah di sekitar 7,4. Hal ini terjadi dengan sistem hidronium dan pertukaran ion hidroksil, sehingga urine yang kita akan buang memiliki kadar pH asam atau alkali berkisar antara 5 sampai 8.

Penyakit Ginjal


Sudah kita tahu bahwa ginjal memiliki fungsi yang vital bagi kehidupan manusia, tetapi dengan bertambahnya usia secara normal maka fungsi ginjal akan berkurang juga, tapi tidak seperti kasus dalam kasus penurunan yang cepat dalam fungsi ginjal dan tidak menjalankan fungsinya secara optimal, itu adalah gejala dari gagal ginjal.
Dalam kasus gagal ginjal, fungsi ginjal menurun dengan cepat dan dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi dalam tubuh. Penyebab gagal ginjal yang dikategorikan menjadi tiga bagian sesuai dengan penyebab (Anda mungkin dapat mempelajari struktur dan bagian dari ginjal supaya Anda lebih memahami), sedangkan kategorinya adalah:

  1. Penyebab pra renal, gangguan aliran darah ke ginjal dalam bentuk kurangnya pasokan darah ke ginjal. Hal ini menyebabkan ginjal akan rusak yang meliputi volume darah akan berkurang karena dehidrasi, daya pompa berkurang ke jantung dan sebagainya.
  2. Penyebab renal, adalah suatu kelainan yang terjadi pada ginjal itu sendiri, disebabkan oleh diabetes, hipertensi, dan mengurangi penyakit kekebalan tubuh dan peradangan. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada jaringan ginjal itu sendiri sehingga mengganggu aliran di ginjal.
  3. Penyebab post renal, adalah gangguan yang menghambat aliran urin ke kandung kemih, sehingga arus balik urin kembali ke ginjal. Hal ini dapat merusak jaringan ginjal, seperti penyumbatan dan penyempitan saluran kemih, biasanya disebabkan oleh adanya batu empedu kandung kemih atau saluran kemih yang bengkok.
adapun gejala penyakit ginjal tersebut adalah lesu, nafsu makan berkurang, gatal dan bahkan sesak napas. Hal-hal yang dapat Anda lakukan adalah melakukan tindakan medis atau anda yang tidak memiliki gangguan Anda harus melakukan pencegahan dan pengobatan gangguan ginjal.

Perawatan Ginjal

Hal-hal yang dapat Anda lakukan dalam merawat ginjal untuk mencegah terjadinya gagal ginjal adalah Anda hanya melakukan hal yang sangat sederhana, berikut ini adalah:
  • Menjauhkan diri dari aktivitas merokok, kandungan nikotin dalam rokok yang telah memberikan kontribusi untuk merusak organ-organ dalam tubuh manusia, termasuk ginjal.
  • Rajinlah berolahraga, melakukan latihan olahraga akan menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil, dan dengan melakukan olahraga teratur Anda akan mempertahankan aliran darah ginjal tetap lancar, selain itu dengan olahraga yang teratur Anda akan mendapatkan otot yang anda impikan seperti six pack abs, dimana anda tidak pernah sangka.
  • Kurangi makan makanan berlemak dan perbanyak minum air, makanan berlemak mengandung kolesterol akan menimbulkan risiko hipertensi dan stroke yang mengakibatkan gagal ginjal, dan minum banyak air akan menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.
  • Jaga berat badan Anda dan selalu melakukan check-up ke dokter, obesitas adalah hal yang sangat berisiko untuk gagal ginjal sedangkan jika Anda ingin mencegah gagal ginjal secara dini, pergilah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.
  • Bagi Anda yang melakukan aktivitas pembentukan otot dengan mengonsumsi suplemen protein tinggi, Anda dapat menyimpan asupan suplemen protein dalam jumlah yang tepat dan tidak melebihi dosis yang dianjurkan, karena kelebihan protein yang tinggi pada pria yang menderita ginjal akan menyebabkan kerusakan pada ginjal itu sendiri, berbasis pengetahuan, senyawa protein yang masuk ke dalam tubuh akan dimetabolisme dan membentuk senyawa urea, senyawa urea yang menjadi gangguan ginjal kadang-kadang tidak dikeluarkan dari tubuh secara optimal sehingga akan terjebak dalam tubuh, di mana bahaya senyawa urea dalam kadar yang tinggi akan mengakibatkan keracunan pada otak.

No comments: